SILABUS
1. Nama Sekolah : SD Muhammadiyah 15 Surabaya
2. Alamat sekolah : Jl. Mastrip 174 Surabaya
3. Mata Pelajaran/kls : IPA/III-A
4. Tema : Diri sendiri
5. Standar Kompetensi:
4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Tujuan Pembelajaran | Nilai Karakter | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi waktu | Penilaian | Sumber/Media Belajar | ||
Bentuk | Alat | Instrumen | ||||||||
. 4.1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran. | 1. Pengertian gerak benda. 2. Identifikasi gerakan benda yang berbeda bentuknya. 3. Identifikasi gerakan benda yang berbeda ukurannya. | Pertemuan ke 1: 1.Siswa mengamati benda-benda yang berbeda bentuk dan ukuran bergerak dengan dijatuhkan , ditarik dan didorong. 2. Siswa berdiskusi untuk menjelaskan pengertian gerak benda, mengidentifikasi gerak benda, dan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran. 3.Siswa menempelkan hasil pengamatan tentang gerak benda dipengaruhi berat dan bentuk benda 4.Siswa memberikan komentar dan tanggapan tentang hasil kerja kelompok lain. 5. Setelah mendengarkan ceramah singkat guru, siswa memperbaiki hasil pekerjaan secara individu kemudian dikumpulkan | Tujuan akademik Setelah mengamati percobaan siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian gerak benda. 2. Mengidentifikasi gerak benda yang memiliki bentuk yang berbeda. 3. Mengidentifikasi gerak benda yang memiliki berat yang berbeda 4. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran. | 1.Personal Percaya diri 2. Sosial Kerja sama | Indikator akademik 1. Mengamati percobaan ketika benda dijatuhkan ditarik, dan didorong oleh guru . 2. Mendiskusikan hasil pengamatan /percobaan untuk mengidentifikasi gerak benda dengan bentuk dan ukuran yang berbeda. 3. Mengidentifikasi benda yang mudah bergerak dan susah berbgerak 4. Bembedakan gerak benda yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda 5. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran. Indikator berkarakter 1. Persona: Siswa mengisi LKS dengan percaya diri tidak mencontoh teman. 2. Sosial , Siswa turut berpartisipasi terhadap jalannya diskusi, memberikan tanggapan dan komentar. | 4 x 35 menit = 2 x tatap muka | Non tes Non tes Non tes Non tes Non tes Tes Non Tes | observasi Observasi Produk Produk Produk Soal uraian Observasi | Lembar observasi Lembar observasi Rubrik produk Rubrik produk Rubrik produk 5 soal + rambu jawaban Rubrik penilaian karakter | Benda benda disekitar siswa, meja, tepak, kertas, kapas, besi, buku, tas, pensil, bola sepak, bola kasti,kelereng. Lembar kerja Buku teks BSE IPA karya Priyono dan Titik Sayekti |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar