Laman

sambutan

SELAMAT DATANG PEMBACA YANG BUDIMAN

gambar

gambar
gunung

perbaikan

saat ini kami sedang berusaha memperbaiki blog kami. semoga menjadikan maklum dan mohon maaf

Cari Blog Ini

Selasa, 10 Januari 2012

silabus IPA kelas 3

SILABUS

1. Nama Sekolah : SD Muhammadiyah 15 Surabaya

2. Alamat sekolah : Jl. Mastrip 174 Surabaya

3. Mata Pelajaran/kls : IPA/III-A

4. Tema : Diri sendiri

5. Standar Kompetensi:

4. Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Nilai Karakter

Indikator

Pencapaian Kompetensi

Alokasi waktu

Penilaian

Sumber/Media Belajar

Bentuk

Alat

Instrumen

. 4.1. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.

1. Pengertian gerak benda.

2. Identifikasi gerakan benda yang berbeda bentuknya.

3. Identifikasi gerakan benda yang berbeda ukurannya.

Pertemuan ke 1:

1.Siswa mengamati benda-benda yang berbeda bentuk dan ukuran bergerak dengan dijatuhkan , ditarik dan didorong.

2. Siswa berdiskusi untuk menjelaskan pengertian gerak benda, mengidentifikasi gerak benda, dan menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.

3.Siswa menempelkan hasil pengamatan tentang gerak benda dipengaruhi berat dan bentuk benda

4.Siswa memberikan komentar dan tanggapan tentang hasil kerja kelompok lain.

5. Setelah mendengarkan ceramah singkat guru, siswa memperbaiki hasil pekerjaan secara individu kemudian dikumpulkan

Tujuan akademik

Setelah mengamati percobaan siswa dapat :

1. Menjelaskan pengertian gerak benda.

2. Mengidentifikasi gerak benda yang memiliki bentuk yang berbeda.

3. Mengidentifikasi gerak benda yang memiliki berat yang berbeda

4. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.

1.Personal Percaya diri

2. Sosial

Kerja sama

Indikator akademik

1. Mengamati percobaan ketika benda dijatuhkan ditarik, dan didorong oleh guru .

2. Mendiskusikan hasil pengamatan /percobaan untuk mengidentifikasi gerak benda dengan bentuk dan ukuran yang berbeda.

3. Mengidentifikasi benda yang mudah bergerak dan susah berbgerak

4. Bembedakan gerak benda yang memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda

5. Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran.

Indikator berkarakter

1. Persona: Siswa mengisi LKS dengan percaya diri tidak mencontoh teman.

2. Sosial , Siswa turut berpartisipasi terhadap jalannya diskusi, memberikan tanggapan dan komentar.

4 x 35 menit

= 2 x tatap muka

Non tes

Non tes

Non tes

Non tes

Non tes

Tes

Non Tes

observasi

Observasi

Produk

Produk

Produk

Soal uraian

Observasi

Lembar observasi

Lembar observasi

Rubrik produk

Rubrik produk

Rubrik produk

5 soal + rambu jawaban

Rubrik penilaian karakter

Benda benda disekitar siswa, meja, tepak, kertas, kapas, besi, buku, tas, pensil, bola sepak, bola kasti,kelereng.

Lembar kerja

Buku teks BSE IPA karya Priyono dan Titik Sayekti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar