Laman

sambutan

SELAMAT DATANG PEMBACA YANG BUDIMAN

gambar

gambar
gunung

perbaikan

saat ini kami sedang berusaha memperbaiki blog kami. semoga menjadikan maklum dan mohon maaf

Cari Blog Ini

Minggu, 01 April 2012

diet lihat golongan darah

Diet Golongan Darah O – Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Ide diet golongan darah dicetuskan oleh Peter J. D’Adamo yang menyatakan bahwa Anda harus mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darah Anda. Pokok pikiran ini didasari pada teori bahwa golongan darah mempengaruhi sistem pencernaan secara langsung. Hal ini berarti bahwa satu jenis makanan tertentu bisa bermanfaat pada seseorang tetapi bisa merugikan pada orang lain yang memiliki golongan darah berbeda. Jika ingin mencapai tingkat kesehatan secara optimal, orang yang memiliki golongan darah Omempunyai kebutuhan makanan spesifik yang harus diterapkan dan diikuti.

Diet Berdasarkan Golongan Darah

Dr. Joe Christiano, pengarang buku “Blood Types, Body Types and You” mengatakan bahwa jika Anda mengkonsumsi makanan yang dirancang khusus untuk golongan darah Anda maka Anda akan mendapatkan tingkat kesehatan tubuh yang optimal. Peter J. D’Adamo yang merancang diet berdasarkan bukunya yang berjudul “Eat Right For Your Type” mengatakan bahwa makanan yang bermanfaat adalah makanan yang bersifat seperti obat untuk tubuh kita.

Alasan utama untuk menjalani diet berdasarkan golongan darah ini adalah untuk membuat tubuh agar dapat berfungsi lebih baik. Makanan itu sendiri terbagi menjadi tiga kelompok yaitu makanan yang bermanfaat, makanan netral, dan makanan yang harus dihindari. Makanan yang bermanfaat dapat membuat tubuh kita mencapai tingkat kebugaran yang maksimal. Makanan netral tidak memiliki dampak yang berarti pada tubuh, tidak berbahaya tetapi juga tidak begitu berguna. Sedangkan makanan yang harus dihindari adalah makanan yang berbahaya bagi tubuh karena bersifat seperti racun.

Makanan Yang Bermanfaat

Makanan yang bermanfaat adalah pilihan terbaik bagi kita, karena makanan ini menyediakan nutrisi yang tepat pada tubuh kita berdasarkan golongan darah.

Bahan makanan hewani sebagai sumber protein utama untuk diet golongan darah O diantaranya adalah daging sapi, kerbau, domba, rusa, dan beberapa jenis ikan seperti ikan kod, halibut, trout, kakap merah dan ikan nila. Meskipun sumber protein utama dari diet golongan darah O ini berasal dari hewan, Anda juga bisa menambahkan sumber protein nabati seperti pinto beans (sejenis kacang yang bercorak belang-belang) dan kacang polong.

Sayuran dan buah-buahan yang bermanfaat diantaranya adalah arthicoke, brokoli, bit, okra, bayam, buah ara, plum dan buah prune. Sedangkan produk-produk susu yang bermanfaat diantaranya adalah keju mozzarella dan krim tanpa lemak.

Makanan Netral

Makanan netral dapat dikonsumsi sebagai pendamping atau pilihan kedua terhadap makanan yang bermanfaat. Jenis makanan ini tidak berbahaya bagi tubuh, tetapi juga tidak memberi tambahan nutrisi yang berarti seperti dalam makanan yang bermanfaat.

Sumber protein makanan netral yang berasal dari hewan untuk diet golongan darah O diantaranya adalah ayam, kelinci, kalkun, dan beberapa jenis ikan seperti ikan bass, kepiting, udang, lobster, mahi mahi, kerang, tiram dan ikan salmon. Sedangkan sumber protein dari sayuran diantaranya adalah black bean, kacang fava, kacang garbanzo, kacang hijau, buncis, kacang polong dan kacang panjang. Sumber protein nabati lainnya juga bisa diperoleh dari kacang-kacangan seperti kacang almond, chestnut, kacang hickory, kacang pecan dan biji bunga matahari.

Produk dari susu yang masuk dalam kelompok makanan netral untuk diet golongan darah O diantaranya adalah mentega, keju feta, keju dari susu kambing, dan keju kedelai. Makanan netral yang berasal dari sayuran yaituasparagus, rebung bambu, bit, wortel, seledri, zaitun hijau, bawang putih, jamur, paprika, kubis, labu, tomat dan zucchini. Sedangkan buah-buahan yang boleh dikonsumsi diantaranya adalah apel, aprikot, pisang, blueberi, cranberi, elderberi, kurma, mangga, pepaya, persik, nanas dan kismis.

Makanan Yang Harus Dihindari

Diet golongan darah O harus menghindari makanan tertentu karena makanan tersebut bersifat seperti racun pada pemilik golongan darah O. Menurut Dr. Joe Christiano, jenis makanan tersebut dapat menghambat fungsi dan performa tubuh. Tubuh pemilik golongan darah O akan berfungsi secara maksimal jika mereka menghindari kelompok makanan ini.

Sumber protein hewani yang harus dihindari dalam diet golongan darah O diantaranya adalah daging babi, angsa, ikan lele, telur ikan dan gurita. Kacang-kacangan seperti kacang merah, navy beans (sejenis kacang loto), dan kacang lentil harus dihindari. Anda juga tidak boleh menyantap kacang Brasil, kacang mete, pistachio (kenari) dan selai kacang.

Diet golongan darah O juga harus menghindari beberapa jenis sayuran dan buah-buahan seperti alpukat, kubis brussel, kembang kol, terong, kentang, blackberi, melon, kelapa, pisang dan jeruk.

Nutrisi yang Dianjurkan

Nutrisi dapat diperoleh dari berbagai sumber seperti makanan, vitamin dan suplemen. Menurut Joseph Christiano, untuk mendapatkan tambahan nutrisi ketika sedang menjalani diet berdasarkan golongan darah, Anda dapat menambahkan protein shake dan suplemen nutrisi dalam menu makanan Anda.

Santaplah protein shake sebagai snack diantara makanan utama atau sebagai pengganti makanan utama. Untuk mendapatkan kesehatan tubuh secara optimal ketika menjalani diet golongan darah O, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin, pembersih usus besar, trace mineral, suplemen kalsium dan suplemen anti penuaan.

Kelebihan dan Kekurangan Golongan Darah O

Pemilik golongan darah O memiliki banyak kelebihan, karena mereka dikaruniai dengan darah yang tipis. Hal ini berarti mereka memiliki kecenderungan yang rendah terhadap terjadinya pembekuan darah dan terjadinya plak di dalam pembuluh darah. Mereka juga mempunyai asam lambung yang kuat, sistem kekebalan tubuh yang kuat, jangka hidup yang lama dan metabolisme yang baik. Jika mereka menjalani diet golongan darah O dengan ketat, kelebihan yang mereka miliki akan bertambah kuat.

Selain kelebihan-kelebihan seperti yang disebutkan diatas, golongan darah O juga memiliki kekurangan. Mereka tidak mudah untuk menerima jenis makanan dan kondisi lingkungan yang baru dan asing. Biasanya mereka juga memiliki kecenderungan untuk menyalahgunakan zat. Dengan menjalani diet golongan darah O mereka akan terbantu untuk menyingkirkan kelemahan-kelemahan tersebut. Pemilik golongan darah O juga memiliki kecenderungan untuk terserang beberapa jenis penyakit seperti stroke, radang sendi, gangguan darah, bisul dan alergi.

Leave a Reply

Tidak ada komentar:

Posting Komentar